Minggu, 27 Maret 2011

laporan hasil observasi metode checklist

OBSERVASI PSIKODIAGNOSTIK II
Partisipasi Kelompok Penyaji Presentasi Psikologi Kepribadian”

new_unesa_vertical3.jpg

Oleh :
Qur’aini Mirzalitta       091664034
Intan F.S                        091664039


PRODI PSIKOLOGI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA


Topik              : Partisipasi Kelompok Penyaji Presentasi Psikologi Kepribadian.
Variabel         : Partisipasi Kelompok Penyaji Presentasi  Psikologi Kepribadian.

Indikator, Prediktor Dan Item-Item Pernyataan
Variabel
Indikator
Prediktor
Item-item pernyataan











Partisipasi Kelompok Penyaji Presentasi  Psikologi Kepribadian.






Sebelum presentasi
kedatangan
1.    Penyaji datang lebih awal.



Persiapan kelengkapan presentasi
1.    Pakaian rapi sesuai dengan konteks perkuliahan.
2.    Mempersiapkan LCD, PPT dan makalah.
3.    Diskusi dengan anggota kelompok sebelum presentasi dimulai.
Selama proses presentasi





Penjelasan materi presentasi
1.    Desain media presentasi yang menarik.
2.    Memahami materi yang dipresentasikan.
3.    Aktif menjawab pertanyaan dan memberikan penjelasan kepada audience.
4.    Mampu menjawab pertanyaan audience dengan tepat dan tidak ragu-ragu.
5.    Suara dan intonasi jelas.



Interaksi antar kelompok dan audience
1.    Kerjasama yang baik dalam kelompok.
2.    Menguasai audience dengan baik.
3.    Komunikatif dengan audience.
4.    Memberikan kesempatan kepada audience untuk melakukan umpan balik.



Akhir presentasi



Hasil akhir presentasi
1.    Audience mampu memahami materi yang telah dipresentasikan.
2.    Memberikan kesimpulan dari materi yang telah dipresentasikan.

DATA OBSERVEE
Identitas Siswa I
1.      Nama                           : Nahdratul Zuniara Putri
2.      Kelas                            : Psikologi 2009A
3.      NIM                             :091664017
4.      Jenis Kelamin               : Perempuan
5.      TTL                              : Sidoarjo, 27 Juni 1991
6.      Hari/Tgl Observasi       : Senin, 21 Maret 2011
7.      Tempat Observasi        : Ruang Kelas Psikologi 2009A
8.      Waktu                          : 15.00 WIB

Identitas Siswa II
1.      Nama                           : Dita Septiana Puspitasari
2.      Kelas                            : Psikologi 2009A
3.      NIM                             : 091664031
4.      Jenis Kelamin               : Perempuan
5.      TTL                              : Surabaya, 10 September 1991
6.      Hari/Tgl Observasi       : Senin, 21 Maret 2011
7.      Tempat Observasi        : Ruang Kelas Psikologi 2009A
8.      Waktu                          : 15.00 WIB

Identitas Siswa III
1.      Nama                           : Lya Eka Nia Wandari
2.      Kelas                            : Psikologi 2009A
3.      NIM                             : 091664041
4.      Jenis Kelamin               : Perempuan
5.      TTL                              : Sidoarjo, 7 September 2011
6.      Hari/Tgl Observasi       : Senin, 21 Maret 2011
7.      Tempat Observasi        : Ruang Kelas Psikologi 2009A
8.      Waktu                          : 15.00 WIB

Identitas Siswa IV
1.      Nama                           : Sella Dwi
2.      Kelas                            : Psikologi 2009A
3.      NIM                             : 091664061
4.      Jenis Kelamin               : Perempuan
5.      TTL                              : Semarang, 5 Maret 1991
6.      Hari/Tgl Observasi       : Senin, 21 Maret 2011
7.      Tempat Observasi        : Ruang Kelas Psikologi 2009A
8.      Waktu                          : 15.00 WIB


DATA CHECKLIST

Partisipasi Kelompok Penyaji Presentasi Psikologi Kepribadian*.

No
Pernyataan
Nahdratul
Dita S
Lya
Sella
1.
Penyaji datang lebih awal




2.
Pakaian rapi sesuai dengan konteks perkuliahan.




3.
Mempersiapkan LCD, PPT dan makalah




4.
Diskusi dengan anggota kelompok sebelum presentasi dimulai.




5.
Desain media presentasi yang menarik.




6.
Memahami materi yang dipresentasikan




7.
Aktif menjawab pertanyaan dan memberikan penjelasan kepada audience.




8.
Mampu menjawab pertanyaan audience dengan tepat dan tidak ragu-ragu.




9.
Suara dan intonasi jelas




10.
Kerjasama yang baik dalam kelompok




11.
Menguasai audience dengan baik




12.
Komunikatif dengan audience




13.
Memberikan kesempatan kepada audience untuk melakukan umpan balik




14.
Audience mampu memahami materi yang telah dipresentasikan.




15.
Memberikan kesimpulan dari materi yang telah dipresentasikan.




*        Hasil checklist yang sebenarnya masuk dalam lampiran.
ANALISIS HASIL

Kriteria observasi :
0% - 33%                   = kurang aktif
33,4% - 66,66%          = cukup aktif
66,67% - 100%          = aktif

Tabel Analisis
no
Observee
                  observer

Nahdratul

Dita S

Lya

Sella
1.
Qur’aini Mirzalitta
9
12
13
8
2.
Intan F.S
10
14
14
9
Hasil
19
26
27
17

Hitungan
Jumlah item (n)           : 15
Frekuensi/observer (f ) : 2
 n x f
 15 x 2 = 30
Hasil penghitungan:
·      Nahdratul :  x 100% = 63,33%
·      Dita S       :  x 100% = 86,67%
·      Lya           :  x 100% = 90%
·      Sella         :  x 100% = 56,67%


KESIMPULAN

Dari perhitungan diatas dapat disimpulkan bahwa:
1.      Nahdratul: dengan jumlah prosentase sebanyak 63,33%, tergolong mahasiswa yang berpartisipasi “cukup aktif” sebagai kelompok penyaji dalam presentasi Psikologi kepribadian.
2.       Dita S     : dengan jumlah prosentase sebanyak 86,67%, tergolong mahasiswa yang berpartisipasi “aktif” sebagai kelompok penyaji dalam presentasi Psikologi kepribadian.
3.      Lya          : dengan jumlah prosentase sebanyak 90%, tergolong mahasiswa yang berpartisipasi “aktif” sebagai kelompok penyaji dalam presentasi Psikologi kepribadian.
4.      Sella         : dengan jumlah prosentase sebanyak 56,67%, tergolong mahasiswa yang berpartisipasi “ kurang aktif” sebagai kelompok penyaji dalam presentasi Psikologi kepribadian.





LAMPIRAN


Partisipasi Kelompok Penyaji Presentasi Psikologi Kepribadian.

OBSERVER:
No
Pernyataan
Nahdratul
Dita S
Lya
Sella
1.
Penyaji datang lebih awal




2.
Pakaian rapi sesuai dengan konteks perkuliahan.




3.
Mempersiapkan LCD, PPT dan makalah




4.
Diskusi dengan anggota kelompok sebelum presentasi dimulai.




5.
Desain media presentasi yang menarik.




6.
Memahami materi yang dipresentasikan




7.
Aktif menjawab pertanyaan dan memberikan penjelasan kepada audience.




8.
Mampu menjawab pertanyaan audience dengan tepat dan tidak ragu-ragu.




9.
Suara dan intonasi jelas




10.
Kerjasama yang baik dalam kelompok




11.
Menguasai audience dengan baik




12.
Komunikatif dengan audience




13.
Memberikan kesempatan kepada audience untuk melakukan umpan balik




14.
Audience mampu memahami materi yang telah dipresentasikan.




15.
Memberikan kesimpulan dari materi yang telah dipresentasikan.







Daftar pustaka

Purwoko, Budi. & Pratiwi, T. 2007. Pemahaman Individu Melalui Teknik Non Tes. Surabaya: Unesa Univercity Press.
Rahayu, T. & Ardani, A. 2004. Observasi Dan Wawancara. Malang: Bayumedia Publishing.